Senin, 25 Juni 2012

Cara Menghilangkan Stress

Pasti sebagian besar dari kita pernah mengalami gejala strees,,entah itu stress karena pekerjaan, cinta, ataupun keluarga. Nah...kali ini ira mau posting nih soal "Cara Menghilangkan Stress" buat kamu kamu yang mungkin merasa stress karena beban hidup
cekibrotttt!!
^o^
1. Jalan cepat

Menurut Shawn Talbott, Ph.D, ahli Biokimia yang juga pengarang buku The Cortisol Connection, jalan cepat 30 menit menghasilkan khasiat meredakan stres yang sama dengan lari 30 menit di treadmill. Hal ini karena jalan cepat dapat meningkatkan produksi serotonin dan endorfin, zat-zat kimia di otak yang dapat memberikan rasa relaks. Nah, bila sedang penat dengan aktivitas kantor atau urusan rumah tangga, tak ada salahnya meluangkan waktu 30 menit saja untuk melakukan jalan cepat. Lakukan di taman atau berjalanlah di sepanjang selasar kantor. Bila memungkinkan lakukan ketika jam makan siang. Caranya dengan memilih tempat makan yang jauh kemudian kembalinya, lakukan sambil berjalan cepat.

2. Makan Cokelat

Cokelat memang asyik dimakan. Rasanya yang khas kerap membuat ketagihan. Tak hanya itu, cokelat juga memiliki khasiat menenangkan stres karena memiliki kandungan phenylethylamine. Phenylethylamine adalah suatu substansi mirip amphetanine yang dapat meningkatkan serapan tryptophane ke dalam sel otak yang kemudian pada gilirannya menghasilkan dopamine. Dampak dopamine adalah munculnya perasaan senang dan perbaikan suasana hati. Karenanya, kala sedang gundah atau stres, mengonsumsi cokelat terasa sangat nikmat dan menenangkan.

3. Nonton film komedi

Menonton film komedi atau sitkom, pastinya akan mengundang tawa. Ternyata, aktivitas ini mampu menurunkan stres. Tak perlu lama cukup 15–30 menit saja. Menurut penelitian ketika seseorang tertawa terbahak-bahak saat menonton film komedi maka pembuluh arterinya akan melebar sehingga dapat mengurangi ketegangan yang jadi penyebab terjadinya stres. Usai tertawa, Anda pasti akan merasa bahagia dan mental Anda kembali tenang. Saat tertawa tubuh akan menghasilkan hormon endorfin yang memberikan rasa nyaman bagi tubuh (sebagai penenang alami). Selain itu, ketika tertawa, peredaran darah dalam tubuh pun menjadi lancar, kadar oksigen dalam darah meningkat, dan teknanan darah pun kembali normal. Jadi, tertawalah karena itu membuat Anda berbahagia dan menyehatkan.

4. Mencamil Kacang

Ketika hati sedang gundah, banyak yang mengalihkan keresahannya dengan makan. Jangan asal makan, pilihlah setengah cangkir kacang-kacangan (kacang tanah, kacang mede, kacang almond). Makan kacang-kacangan dapat membantu mengatasi semangat yang naik turun. Buku Optimum Health karangan Stephen T. Sinatra M.D., menyebutkan kacang-kacangan mengandung magnesium, salah satu zat penenang alamiah.

5. Mendengarkan Musik

Mendengarkan musik sambil bersantai atau melakukan aktivitas tertentu dapat mengurangi stres. Sebuah riset yang dilakukan di Michigan State University menyebutkan mendengarkan musik yang disukai (bukan musik keras atau ingar bingar) sangat menenangkan. Musik membuat pernapasan dan denyut jantung menjadi lambat sehingga terjadi penurunan hormon stres kortisol sampai 25%. Jadi, tak ada salahnya mempersiapkan CD atau kaset yang berisi musik-musik menenangkan di kantor atau pada kendaraan sehingga saat stres menyerang, Anda tinggal menangkalnya dengan mendengarkan musik.

6. Berendam air panas

Siapkan air hangat untuk mandi. Pasanglah musik yang menenangkan. Peraskan setengah bagian jeruk lemon, campur dengan 3 tetes minyak esensial lemon, 2 tetes minyak pepermin, dan 3 tetes minyak esensial pinus, masukkan ke dalam air. Lalu, taburkan irisan jeruk lemon dan daun min segar ke dalam air. Gunakan air tersebut untuk berendam selama kurang lebih 15 menit. Ini akan membuat tubuh menjadi lebih relaks karena ketika tubuh berendam dalam air panas terjadi pelebaran pembuluh darah yang berarti meningkatkan peredaran darah ke seluruh tubuh. Tubuh pun terasa lebih nyaman.



sumber : www.enformasi.com/2010/05/cara-menghilangkan-stres.html

0 komentar:

Posting Komentar

Template by:

Free Blog Templates