Minggu, 03 Juni 2012

PUDARNYA IDEOLOGI PANCASILA DI INDONESIA

1 Juni 2012, hari apakah itu?. Masih hangat kejadian bersejarah pada tanggal 1 Juni 2012. Ya…lahirnya ideologi Negara kita tercinta, Pancasila. Mungkin sebagian orang telah lupa, bahwa tanggal 1 Juni 2012 adalah lahirnya Pancasila. Lalu, apa sih pengertian dari PANCASILA?.
Pancasila terdiri dari 2 kata dari Sankskerta, yang mana Panca itu artinya lima, dan lima itu artinya prinsip atau asas. 5 sendi utama penyusun Pancasila adalah Ketuhan Yang Maha Esa, Kemanusial yang Adil dan Beradab, Persatuan Indonesia, Kerakyatan yang Dipimpin oleh Hikmat Kebijaksanaan dalam Permusyawaratan/Perwakilan, dan Keadilan Sosial bagi seluruh Rakyat Indonesia.
Sayangnya, banyak anak, remaja, atau bahkan masyarakat yang tidak mengerti Pancasila. Sekarang ini kenyataannya sangat jauh dari apa yang diharapkan ,seiring dengan berkembangnya jaman yang sangat bebas dan masyarakat yang tidak selektif menilai teknologi yang dianggap penting atau tidak penting sangat mempunyai kecenderungan untuk jauh dari apa yang menjadi sikap yang individualisme dan hanya mementingkan kepentingan idividu (kelompoknya) menjadikan ideology Pancasila ini semakin pudar dan jauh dari penerapan yang sesuai dari nilai-nilai Pancasila itu sendiri. Keadaan seperti ini secara perlahan juga akan menghilangkan kearifan local yang memang sudah ada sejak dulu pada masyarakat Indonesia dan Sangat disayangkan ideology yang menjadi dasar Negara kita yakni ideology Pancasila bukannya semakin menguat , tetapi yang terjadi malah sebaliknya yakni menjadi ideology yang hanya dijadikan sebagai bingkai “frame” saja , karena penerapan yang terjadi sekarang ini pun sudah jelas terlihat semakin banyaknya perbuatan-perbuatan individu ataupun kelompok yang tidak sesuai dengan koridor-koridor nilai dari pancasila itu sendiri. Contoh hal sepele yang terjadi di masyarakat diberbagai daerah di Indonesia yang dulu benar-benar ada namun sekarang semakin menghilang yakni adanya sikap “ gotong royong “ dan adanya perkumpulan-perkumpulan yang positive dalam masyarakat ( musyawarah dalam mufakat untuk memecahkan suatu permasalahan dan perkumpulan rutin pemuda-pemudi kampung yang menekankan pembahasan tentang jiwa nasionalisme ). Jadi, apakah Anda juga termasuk dalam kelompok di atas?

0 komentar:

Posting Komentar

Template by:

Free Blog Templates