Selasa, 18 Desember 2012

I Have A Dream, You Have A Dream We Have A Dream

Bermimpilah, berharaplah pada Tuhan. Saya, kamu dan kita masing-masing pasti mempunyai sebuah mimpi. Mimpi atau harapan yang dapat menghidupkan semangat kita untuk meraihnya. Ada sebagian orang yang bermimpi tinggi walau dia tidak mampu, sampai dia dicemooh oleh temannya, bahkan keluarganya. Tapi, tidak menutup kemungkinan ada beberapa orang yang berhasil mewujudkan impiannya tersebut, dengan usaha mereka, pengorbanan mereka, derita psikologis mereka. Subhanallah…Kalian pasti telah melihat video Jejak-Jejak Mimpi yang dibuat oleh Danang A.Prabowo, yang dulunya dia adalah mahasiswa IPB, yang memulai menulis 100 impiannya di dalam kertas dan menempelnya di dinding kamarnya, tak jarang cemoohan mampir kepadanya. Mencemoohnya, karena tidak mungkin impian yang dia tulis takkan terwujud, tapi dia berusaha, berikhtiar kepada Allah. Satu persatu impian yang dia tulis di kertas itupun terwujud, Subhanallah



Jujur, setelah melihat video Danang A.Prabowo tersebut, saya sempat berfikir 6 tahun ke belakang. Saat SMP kelas 3, saat pelajaran BK (Bimbingan Konseling), Pak Budi (nama guru BK saya) mengarahkan para siswanya “Akan kemanakah kalian melanjutkan?”. Dan teringat olehku bahwa beliau menyebutkan SMK dengan jurusan Komputer. Saya berfikir saat itu, “Apa ada sekolah seperti itu?”.
Selang seminggu kemudian, ayah saya menjemput saya pada pertengahan pelajaran (sebelum UN / 3 minggu sebelum UN) mengajak saya untuk tes, dan saya mengambil di SMAN 1 Ngawi dan ayah saya sendiri mendaftarkan saya ke SMKN 1 Ngawi. Berdiskusi dengan ayah dirumah, “Nak, kamu di SMA mau ngambil bidang apa dan di SMK mau ngambil jurusan apa?”. “Ehm…kalo di SMA mau ngambil MIPA, yah. Kalo di SMK mau ngambil Teknik Komputer dan Jaringan”. Ayah saya bertanya kembali,”Kalo di SMA ngambil bahasa inggris aja gimana?lagian kamu juga pinter bahasa inggris kan?. Kalo di SMK kamu serius untuk ngambil TKJ (Teknik Komputer dan Jaringan) apa ga cowok semua ya?”. “Enggak yah, saya uda yakin dengan pilihan saya”. “Ya uda”. Akhirnya, 2 hari kemudian saya memulai tes PMDK di SMAN 1 Ngawi dan sehari berikutnya di SMKN 1 Ngawi. Pengumuman pun tiba, ternyata saya tidak di terima di SMAN 1 Ngawi, tapi malah SMKN 1 Ngawi. Ada satu hal yang membuat lucu saat melihat daftar pengumuman, aku fikir namaku ada dibawah, aku cari dari bawah sendiri, “Waduh…namaku kok ga ada ya?”.
Tanganku berhenti pada urutan pertama, no.1 atas nama “Ira Mustika Ningrum”. Wih…senengnya minta ampyun cin (Lebainya kumat :P). Itulah kenapa rumahku di kabupaten magetan bersekolah di kabupaten ngawi, jauh emang 30 km atau bahkan lebih. Dan setiap orang bertanya “kenapa sekolah kamu kok jauh banget?”. Saya akan menjawab,”Karena saya sudah diterima duluan disana sebelum UN dan jurusan disana juga baik selain itu taraf sekolah saya juga “RSBI”.
Pada SMK kelas 3 yang saat itu lagi pelajaran IPA pas tema AMDAL, soal limbah, saya antusias banget malah ngefans banget. Dan berfikir sejenak apakah ada perkuliahan untuk mempelajari soal limbah, AMDAL? Andaikan saja ada
Dan sekarang saya berdiri, belajar, bersosialisasi dengan dosen di Poltekkes Kemenkes Surabaya  Prodi Kesehatan Lingkungan Kampus Magetan, yang selama ini saya impikan. Dan bila ada yang bertanya, “Kenapa nggak nerusin aja di ITS”. Saya akan menjawab,”Disinilah saya ditakdirkan, disinilah saya akan menuntut ilmu yang dulu saya impikan, dan disinilah saya mulai cinta dengan profesi saya . Ilmu apapun harus kita pelajari, ilmu computer dulu yang pernah saya pelajari juga takkan pernah hilang begitu saja. Saya masih bisa menginstal, ngutak ngatik CPU dll. Itu berkat guru-guru saya dulu dan perjuangan saya sampai sekarang ini . Tidak kukatakan bila aku disini karena aku tidak diterima SNMPTN dulu, pasti Allah punya rencana yang paling indah. Aku yakin itu, dan kamu juga harus yakin. GANBATTE”.

“Terima kasih kuucapkan kepada kedua orangtuaku yang selama ini telah mendukungku, memberikan segalanya untukku sampai aku dapat berkuliah di Poltekkes Kemenkes Surabaya. Dan puji syukur pula kepada ALLAH SWT. Engkau selalu ada di hatiku, Engkau tak tidur, dan Engkau selalu mendengarkan keluh kesah hamba-hambaMu”

6 komentar:

Sidik Jambu Alas mengatakan...

berfikir dan bermimpi "out off the box"..
sip :)

Ira Mustika Ningrum mengatakan...

Iya mas harus itu...dengan 2 kata, berusaha dan berdoa pada Yang Kuasa
Terima kasih uda mampir...
Jangan lupa follow dan join this site mas :)

Sidik Jambu Alas mengatakan...

sip..
join site juga di blogku ya dek..
sidikjambualas.blogspot.com
keep hamazah.. :)

Ira Mustika Ningrum mengatakan...

oke mas :)

Unknown mengatakan...

semangat :-)

Ira Mustika Ningrum mengatakan...

Ganbate :)

Posting Komentar

Template by:

Free Blog Templates